MENAG IMBAU CALON JEMAAH HAJI DAN UMRAH TIDAK IKUTI PROGRAM TALANGAN

Menag Imbau Calon Jemaah Haji dan Umrah Tidak Ikuti Program Talangan

Jakarta (Sinhat)--Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, menghimbau bagi seluruh masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji maupun umrah untuk tidak mengikuti program talangan.

“Kementerian Agama tidak menyarankan, tidak mentolerir adanya talangan ini,” ujar Lukman dalam sambutannya di acara Ekspose Penyelenggraan Umrah 2016 di Kantor Kemenag Jakarta. Selasa (20/12/2016).

Menurutnya, program talangan merupakan sebuah layanan yang dibuat oleh penyelenggara swasta ibadah haji maupun umrah ditujukan untuk membantu jemaah yang ingin berangkat dan tidak memikiki dana cukup, lalu ditalang terlebih dahulu oleh penyelenggara swasta.

Oleh karena itu, Lukman khawatir para jemaah yang ikut program talangan tersebut akan terbebani dan berangsur-angsur lama sehingga jemaah tidak bisa membayarnya.

“Umrah adalah ibadah, dan ibadah harus memenuhi persyaratan. Dalam Islam tidak boleh beribadah dengan paksaan, paksaan dalam arti luas, jika jamaah tidak bisa, maka jangan dipaksa,” ujarnya.

Lukman juga menjelaskan ada 650 Panitia Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) atau Biro Travel yang sudah mendapat izin dari Kementerian Agama RI, namun masih banyak pula yang belum memiliki izin dan dipantau oleh Kementerian Agama.

Namun dari ratusan PPIU itu, ada banyak yang belum memiliki izin untuk menyelenggarakan haji, jadi masyarakat dihimbau untuk berhati-hati memilih biro travel.


Posting : 21-12-2016 | Dibaca : 333 kali

19 Nov 2017 | WIB
Online : 3
Count : 440621 Hits

Copyright © 2013 - 2017 www.warnalangit.com

Belum terdaftar? Daftar

Lupa kata sandi Anda? Klik disini

Lupa kata sandi Anda?

Silahkan masukan alamat email Anda untuk membuat kata sandi baru.

Kembali