KEISTIMEWAAN BULAN RAJAB

Keistimewaan Bulan Rajab

Alhamdulillah setelah menempuh bulan jumadil akhir selama 30 hari sekarang kita berada di salah satu bulan yang istimewa yaitu bulan Rajab berikut adalah keistimewaan – keistimewaan bulan Rajab yang harus pembaca ketahui.

 

  1. Bulan Rajab adalah Bulan Haram

 

Allah SWT berfirman  : “sesungguhnya bilangan bulan di sisi allah itu ada 12 bulan. Seluruhnya dalam ketetapan Allah di hari dia menciptakan langit dan bumi. Di antara (12 bulan) itu terdapat empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus. Maka janganlah kamu mendzalimi dirimu dalam bulan yang empat itu” (Qs.At Taubah 36)

Empat bulan Haram yaitu Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab. Arti bulan haram disini adalah haram untuk saling menyakiti dan saling menumpahkan darah. Kecuali memang jika pihak dari musuh dahulu yang pertama kali memulainya, maka kita diperbolehkan untuk membalas. Selain itu bulan tersebut juga harus bersih dari perbuatan dosa karena dosa saat bulan itu jauh lebih besar, dan pahala ketika beramal shaleh di bulan rajab itu jauh lebih besar daripada bulan yang lain, kecuali bulan Ramadhan

 

  1. Bulan yang dekat dengan Ramadhan

 

Sungguh apabila kita telah mencapai bulan Rajab, maka alangkah dekatnya dengan bulan Ramadhan. Keduanya hanya terpisah oleh satu bulan saja yaitu bulan sya’ban. Para ulama juga banyak yang mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan semenjak bulan Rajab. Hal ini telah diabadikan dalam doa ketika masuk bulan Rajab yang sudah banyak kita ketahui.

“ya allah berkahillah kami di bulan Rajab dan sya’ban serta berkahilah kami dalam bulan ramadhan. “HR Ahmad”

 

  1. Bulan Rajab adalah bulannya Isra Mi’raj

Bulan Rajab selalu teringat oleh umat islam dikarenakan di dalmnya terdapat peristiwa yang sangat dahsyat. Sebuah peristiwa dimana hanya Abu bakar Ash Shidiq saya yang mempercayainya yakni peristiwa Isra Mi’raj yang menjadi jembatan perintah shalat secara langsung dari allah kepada nabi kita Muhammad SAW.

Jika perintah lainnya hanya melalui malaikat jibril, maka perintah shalat langsung Allah berikan kepada Rasulullah sebagai bukti bahwa shalat merupakan ibadah yang istimewa dan lebih diutamakan.


Posting : 27-03-2018 | Dibaca : 160 kali

21 Aug 2018 | WIB
Online : 1 User
Count : 498698 Hits

Copyright © 2013 - 2018 www.warnalangit.com

Belum terdaftar? Daftar

Lupa kata sandi Anda? Klik disini

Lupa kata sandi Anda?

Silahkan masukan alamat email Anda untuk membuat kata sandi baru.

Kembali