KEBUN KURMA INI KONON ADA SEBELUM NABI SAW HIJRAH

Kebun Kurma Ini Konon Ada Sebelum Nabi Saw Hijrah

Madinah (Sinhat)--Bila memandang ke sebelah timur Masjid Kuba yang berada di Madinah tampak sebuah perkebunan kurma yang memiliki luas arial sekitar 25 hektar. Kebun kurma tersebut menurut pemiliknya Abdul Rahman Al Harby sudah dikelola secara turun-temurun. Bahkan kebun tersebut diyakini sudah ada sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah dari Makkah.

Benteng tembok membentang di jalan utama jalan sebelah timur Masjid Kuba sebagai pembatas perkebunan kurma tersebut. Untuk masuk ke areal perkebunan kita harus menyusuri jalan kecil beraspal diantara rumah-rumah penduduk sekitar kurang lebih 5 menit dari Masjid Kuba. Kemudian kita akan menemukan sebuah gerbang dengan areal parkir yang cukup luas serta sebuah toko kurma dan oleh-oleh khas Madinah bernama Al Barokah.

Di tempat tersebut bale-bale berbahan besi lengkap dengan kursi-kursinya untuk menyambut jemaah yang ingin mengetahui kebun kurma sudah tersedia. Kita bisa bersantai di bawah bungalow sederhana dengan atap daun kurma serta kursi besi yang dibuat melingkar. Disediakan juga tempat untuk bersantai sebuah saung berukuran sekutar 8 x 4 meter dengan kursi-kursi empuk untuk memanjakan orang yang datang.

Dihadapan kita sudah tampak pohon-pohon kurma dari jenis terkenal seperti ajwah, sekki, dan sokari. Memang bagi  orang yang tidak tahu bagaimana membedakan jenis pohon kurma, seolah semuanya sama. Tetapi letak yang bisa membedakan mana pohon kurma ajwah, sekki, atau sokari dilihat dari bentuk daunnya. Bila dilihat lebih detail ternyata benar daun kurma berbeda-beda ada yang daunnya rapat dan ada juga yang daunnya tidak terlalu rapat “Lihat saja daunnya untuk membedakannya, pasti terlihat kurma dari jenis apa,” Ujar Usam bin Al Harby.

Hal yang menarik Dari toko Ini adalah menerima pembayaran dalam bentuk rupiah. Tidak Perlu menyiapkan kartu kredit atau bingung ke money changer. disini rupiah bisa menjadi alat pembayaran.  (haji.kemenag.go.id)


Posting : 30-08-2015 | Dibaca : 634 kali

12 Dec 2018 | WIB
Online : 1 User
Count : 7306 Hits

Copyright © 2013 - 2018 www.warnalangit.com

Belum terdaftar? Daftar

Lupa kata sandi Anda? Klik disini

Lupa kata sandi Anda?

Silahkan masukan alamat email Anda untuk membuat kata sandi baru.

Kembali