TIPS RINGAN MENGHAFAL AL-QURAN

Tips Ringan Menghafal Al-Quran
Menghafal Al-Quran sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Hanya saja, mungkin selama ini kita belum mengetahui caranya sehingga kita menganggapnya sulit. Atau memang niat kita yang belum kuat untuk bisa menghafal kalam Ilahi ini. Maka untuk membantu kita dalam menghafal Al-Quran, ada beberapa tips ringan yang bisa kita lakukan.
 
1. Gunakanlah Mushaf Yang Sama
 
Kita boleh mencoba menghafal menggunakan beberapa mushaf, tapi biasanya kita bakal bingung dan kelihatan tidak hafal-hafal. Kenapa demikian? karena setiap mushaf memiliki struktur dan huruf yang tidak sama. Saat kita menghafal melalui membaca, mata kita juga memotret setiap huruf dan halaman yang kita lihat. Jadi saat kita mengulang lagi dengan mushaf yang sama maka mata kita akan mengkonfirmasi karena sudah kenal dengan strukturnya. Sedangkan jika kita menggunakan mushaf lain berarti kita mengulangi proses dari awal lagi sehingga menimbulkan kebingungan.
 
Saat kita menggunakan mushaf yang sama maka otak kita akan menangkap setiap kata, setiap baris dan setiap posisi dengan sempurna. Jadi gunakan hanya mushaf yang sama seumur-umur anda menghafal Al Quran bahkan seumur hidup anda
 
2. Beli Beberapa Mushaf Yang Sama
 
Agar lebih mudah maka belilah beberapa mushaf yang sama dan letakkan di tempat-tempat kita biasa berada misalnya di kantor, ruang keluarga, masjid tempat kita sholat, di mobil dan sebagainya.
 
3. Berwudhu
 
Setiap akan menghafal Al Quran disunahkan berwudhu terlebih dahulu
 
4. Membaca Basmalah
 
Mulailah dengan Ta’awudz dan Basmalah.
 
5. Praktek
 
Untuk menjaga hafalan, gunakan ayat-ayat yang telah kita hafal dalam sholat-sholat sunnah.
 
6. Selalu Berdo’a
 
Selalu berdoa kepada Allah agar kita diberi kemudahan, kekuatan dan tetap istiqomah dalam proses menghafal Al Quran
 
 
Demikian tipsnya, semoga bermanfaat. Tapi sekali lagi, yang terpenting adalah tekad yang kuat untuk menghafal Al-Qur’an. Selalu ingat, bahwa Allah menyediakan pahala yang besar bagi para penghafal Al-Qur’an, ditambah dengan memahami maknanya dan mengaplikasikan dalam setiap aktifitas kehidupan kita.
 
Semoga Allah senantiasa mencintai kita karena kita mencintai kalam-Nya. Aamiin…

Posting : 26-10-2015 | Dibaca : 791 kali

25 Feb 2020 | WIB
Online : 1 User
Count : 111468 Hits

Copyright © 2013 - 2020 www.warnalangit.com

Belum terdaftar? Daftar

Lupa kata sandi Anda? Klik disini

Lupa kata sandi Anda?

Silahkan masukan alamat email Anda untuk membuat kata sandi baru.

Kembali