JEMAAH HAJI INDONESIA MASIH DIRAWAT DI RS ARAB SAUDI

Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di RS Arab Saudi
Operasional pemulangan jamaah haji Indonesia sudah berakhir, Senin (26/07). Sebanyak 295 jamaah asal kelompok terbang (kloter) 27 Embarkasi Makassar (UPG 27) dan kloter 11 Embarkasi Lombok (LOP 11) diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dini hari tadi waktu Saudi menandai berakhirnya operasional pemulangan jemaah haji Indonesia.
 
Sehubungan itu, sebanyak 381 kloter dengan jumlah total  155.211 jamaah haji sudah bertolak ke Tanah Air. Namun demikian, ada 40 jemaah haji Indonesia yang saat ini masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Staf 2 Teknis Urusan Haji Arsyad Hidayat menjelaskan bahwa jemaah sakit tersebut dapat dipulangkan ke Tanah Air jika sudah mendapat surat keterangan dari pihak rumah sakit.
 
“Bila ada jemaah sakit pasca haji dapat dipulangkan jika telah mendapatkan medical clearance atau MEDIF(Medical Information Form) dari dokter untuk dapat terbang dan tidak membawa penyakit menular,” demikian penjelasan Arsyad Hidayat melalui sambungan telepon, Senin (26/10). 
 
Menurut Arsyad, proses reservasi stretcher case passenger (teknis pemulangan jemaah sakit) membutuhkan waktu. Sebab, proses tersebut memerlukan persiapan-persiapan, baik penyiapan seat yang banyak, misalnya 6 seat untuk kasus jemaah baring dan 2 seat untuk jemaah duduk, ataupun alat-alat kesehatan seperti oksigen dan lain-lainnya. 
 
“Untuk pemulangan jemaah sakit pasca haji, harus didampingi pendamping, dengan ketentuan 2 orang untuk pasien baring dan 1 orang untuk pasien duduk. Semua hal terkait persiapan dan pembiayaan menjadi tanggungan Teknis  Haji  KJRI Jeddah,” kata Arsyad. 
 
“Dan selama perawatan, jemaah sakit pasca haji tidak dikenakan charge biaya sedikitpun,” tambahnya. 
 
Arsyad menambahkan bahwa sebelum keberangkatan, pihak Teknis Haji akan berkirim surat ke Kementerian Agama di Jakarta untuk persiapan penjemputan, termasuk pertolongan medis jika diperlukan.

Posting : 27-10-2015 | Dibaca : 731 kali

09 Apr 2020 | WIB
Online : 1 User
Count : 120586 Hits

Copyright © 2013 - 2020 www.warnalangit.com

Belum terdaftar? Daftar

Lupa kata sandi Anda? Klik disini

Lupa kata sandi Anda?

Silahkan masukan alamat email Anda untuk membuat kata sandi baru.

Kembali